Bila Anda mengalami masalah dalam sign in ke Messenger, ada beberapa hal yang dapat Anda cek sendiri untuk mengetahui apakah Anda bisa membuat Messenger berfungsi kembali. Berikut adalah daftar masalah yang mungkin terjadi, bersama dengan langkah-langkah penyelesaiannya.
- Periksa apakah komputer Anda dapat terhubung ke Internet:
- Coba membuka halaman awal Yahoo! dengan memasukkan URL ini di Internet Explorer :id.yahoo.com . Sangatlah penting Anda mencoba ini di Internet Explorer karena Yahoo! Messenger bergantung pada Internet Explorer untuk terhubung ke Internet.
- Bila Anda tidak dapat melihat halaman awal Yahoo!, maka kemungkinan Anda mengalami masalah dalam koneksi Internet dan sebaiknya Anda menghubungi Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda untuk mendapatkan bantuan.
- Bila Anda tahu cara untuk terhubung ke Internet melalui proxy, Anda dapat membaca artikel, "Cara mengkonfigurasi Messenger untuk menggunakan server proxy agar terhubung ke Internet" untuk bantuan mengenai cara mengkonfigurasi Messenger untuk menggunakan proxy.
-
- Bila Anda bisa terhubung ke Internet, lanjut ke langkah berikutnya.
-
- Cek apakah Yahoo! ID dan kata sandi Anda memang valid dengan mengetesnya pada produk Yahoo! yang lain:
- Sign in ke Yahoo! Mail dengan memasukkan Yahoo! ID dan kata sandi yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya.
- Bila Anda tidak dapat sign in, mungkin dikarenakan masalah pada account. Silakan hubungiYahoo! Layanan Pengguna untuk bantuan mengenai masalah ini.
-
- Bila Anda dapat sign in ke Yahoo! Mail, lanjutkan ke langkah berikutnya.
-
- Pastikan Anda dapat mengakses halaman aman dari Internet Explorer
- Coba sign in ke Yahoo! dengan menuju ke Yahoo! halaman sign in dan masukkan Yahoo! IDdan kata sandi yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya.
- Bila Anda tidak dapat sign in, maka Anda perlu menghubungi Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda atau Administrator Sistem Jaringan Anda dan mengkonfigurasi Internet Explorer Anda untuk halaman aman (https). Anda dapat membaca artikel, "Cara mengkonfigurasi Messenger untuk menggunakan server proxy agar terhubung ke Internet" bila Anda tahu cara mengatur konfigurasinya.
-
- Bila Anda dapat mengakses halaman aman dari Internet Explorer, lanjut ke langkah berikutnya.
-
- Lakukan verifikasi bahwa Yahoo! ID dan kata sandi yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya pada langkah terakhir juga berfungsi pada Messenger versi online, Yahoo! Messenger versi Web:
- Pergi ke halaman Yahoo! Messenger versi Web dan klik Sign In . Pada halaman sign in, masukkan Yahoo! ID dan kata sandi yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya.
- Bila Anda tidak dapat sign in ke Yahoo! Messenger versi Web, mungkin dikarenakan adanya masalah pada Yahoo! Messenger. Silakan hubungi Layanan Pengguna Yahoo! Messenger dengan mengklik tombol Hubungi Layanan Pengguna di bagian bawah halaman.
-
- Bila Anda dapat sign in ke Yahoo! Messenger versi Web, lanjut ke langkah berikutnya.
-
- Periksa semua pilihan koneksi yang ada di versi Yahoo! Messenger yang terinstal di komputer Anda:
- Periksa pengaturan koneksi pada versi Messenger yang terinstal di komputer Anda:
- Klik menu Messenger dan pilih Preferensi Koneksi .
- Klik Terhubung langsung ke Internet , lalu klik OK .
- Coba sign in lagi, bila Anda tidak dapat sign in, maka lihat "Langkah Berikutnya," di bawah.
- Klik menu Messenger dan pilih Preferensi Koneksi .
- Ubah tipe koneksi menjadi terhubung melalui server proxy:
- Klik menu Messenger dan pilih Preferensi Koneksi .
- Klik Terhubung melalui server proxy , lalu di bawah opsi ini, pilih Proxy HTTP , kemudian klik OK .
- Coba sign in lagi, bila Anda tidak dapat sign in, maka lihat "Langkah Berikutnya," di bawah.
- Klik menu Messenger dan pilih Preferensi Koneksi .
-
Langkah berikutnya:
- Bagi mereka yang memiliki pemahaman teknis yang mendalam, mungkin dapat membaca tentang opsi koneksi di artikel, "Cara mengkonfigurasi Messenger untuk menggunakan server proxy agar terhubung ke Internet."
- Bila langkah ini tidak dapat membuat Messenger berfungsi kembali, silakan lihat artikel "Cara mengirim file log diagnostik untuk XP dan Vista" untuk instruksi tentang cara membuat file log diagnostik.
-
Setelah Anda membuat file log diagnostik, hubungi Layanan Pengguna Yahoo! Messenger dengan mengklik tombol Hubungi Layanan Pengguna di bagian bawah halaman.
- Di email Anda ke Layanan Pengguna Yahoo! Messenger, jelaskan masalah yang Anda hadapi, apa yang telah Anda lakukan sejauh ini, dan lampirkan file log diagnostik.
-
Sumber : http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/messenger/messenger9/messenger/ms9tasignintips.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar